Puncak Guha, Uniknya Pemandangan Pantai Tanpa Hamparan Pasir di Garut

0
130
views

Loserwild.com -Mendengar kata pantai, tentu Anda akan membayangkan indahnya pertemuan antara deburan ombak dan pasir yang menghampar. Di Pantai Puncak Guha, Anda tidak akan menemukan nuansa biasa seperti itu, akan tetapi tergantikan dengan keunikan tebing tinggi yang bertemu langsung dengan lautan Samudra Hindia. Tempat wisata di Garut ini mempersembahkan perpaduan harmoni antara tingginya perbukitan dan aroma pantai yang menawan. Menikmati pesona alam pantai dari ketinggian akan memacu adrenalin Anda untuk menyingkirkan segala macam ketakutan. Pantai ini mulai ramai disinggahi setelah terekspos dalam novel Perahu Kertas karya penulis kenamaan Indonesia, Dee Lestari. Di novel tersebut, Pantai Puncak Guha merupakan tempat bertemunya Keenan dan Kugy, sang pemeran utama novel yang diadaptasi dalam film itu.

 

Secara administratif, salah satu wisata di Garut ini terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Lokasinya dekat dengan Pantai Rancabuaya yang hanya berjarak kurang lebih 3 km. Sebutan Guha muncul dari gua yang berada tepat di bawah tebing dengan penghuninya para kelelawar yang kerap bersuara melengking, memecah keheningan pantai. Berbekal tiket masuk senilai Rp. 5.000, Anda sudah dapat menikmati keeksotisan pantai di sini. Ada penginapan terdekat yang terletak di sekitar Pantai Rancabuaya. Namun, berhubung Pantai Puncak Guha masih jarang terjamah, belum ada fasilitas umum seperti toilet dan mushola di sini.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Garut ini, Anda dapat menempuh jalan yang sama dengan ke Pantai Rancabuaya sehingga dapat digabung dalam satu paket perjalanan. Tersedia dua rute untuk menuju Pantai Puncak Guha, yaitu:

  • Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Puncak Guha . Jalur ini lebih disarankan karena sudah mulus . Kondisi jalan rusak / dalam perbaikan di beberapa tempat saja .
  • Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya.  Pantai Puncak Guha terletak hanya  sekitar 3 kilometer sebelum Rancabuaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here