Nikmati Damainya Berlibur di Pantai Sawarna

0
63
views

Loserwild.com – Desa Wisata Sawarna merupakan pintu gerbang menuju salah satu keajaiban alam di Indonesia. Berlokasi tepatnya di Gendol, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Pantai Sawarna terletak tidak jauh dari Jakarta. Jarak tempuhnya memakan waktu kurang lebih 7 jam atau sekitar 270 km dari ibukota. Bagi Anda penyuka pantai, Anda wajib menyambangi pantai yang diselimuti mitos Legenda Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan ini.

Sebelum menginjakkan kaki di atas lembutnya pasir pantai Sawarna, Anda akan disambut dengan sawah yang menghijau dan membentang luas sejauh mata memandang, menyegarkan sekaligus mengalihkan penglihatan Anda dari layar gadget. Diiringi dengan merdunya tiupan angin yang berhembus malu-malu dan suasana sekitar desa yang tenang, akan mampu mendamaikan hati siapapun yang mengalaminya.

pantai-sawarna_1

Tempat wisata di Banten ini menawarkan sejumlah keindahan alam berupa air laut yang jernih membiru dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.  Didampingi dengan bersih dan lembutnya pasir putih yang dinaungi oleh barisan indah pohon untuk berlindung. Ada juga hutan lebat, gua-gua dan bukit berbatu yang hijau serta masih banyak lagi. Di sini, Anda dapat merasakan sensasi berselancar di atas ombak pantai Sawarna yang menantang dan terkenal di kalangan peselancar dunia, termasuk dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Korea.

pantai-sawarna_4

Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya panorama bawah laut dengan snorkeling di pantai Sawarna ini. Terdapat aneka jenis terumbu karang dengan warna-warna menarik dan berbagai macam ikan tropis. Tempat-tempat terbaik untuk snorkeling di sini adalah di pantai Ciantir, Tanjung Layar, Karang Bokor, Karang Seupang, Karang Traraje dan teluk Legon Pari. Disamping berselancar dan snorkeling, Anda yang menyukai gua pun dapat turut mencicipi serunya bertandang ke beberapa gua yang ada di Sawarna. Di antaranya adalah Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Gua Pasir Tangkil. Gua-gua ini diyakini telah dibentuk sejak awal periode Miosen.

pantai-sawarna_3

Untuk mengunjungi Pantai Sawarna yang merupakan salah satu tempat wisata di Banten ini, Anda dapat mengambil rute dari Serang ke Pandeglang-Malimping-Bayah-Sawarna, atau dengan rute lain yaitu Rangkasbitung-Cileles-Gunung Kencana-Malimping-Bayah-Sawarna. Jika berangkat dari Jakarta, Anda dapat melewati jalan tol dari Tomang ke Serang. Dari Serang, Anda dapat menuju ke Saketi, di Pandeglang.

Alternatif lainnya untuk dapat sampai ke tempat wisata di Banten ini adalah dengan menggunakan bis umum dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Di Pelabuhan Ratu, akan ada bis yang dapat membawa Anda langsung ke Sawarna dengan biaya sekitar Rp 35.000. Minibus ini mengikuti rute Pelabuhan Ratu-Cikuray-Cibeber-Bayah.

pantai-sawarna_2

Dari kota Bogor, Jawa Barat, Anda juga dapat mencapai Sawarna melalui Cilograng ke Pelabuhan Ratu yang kira-kira berjarak 145 km. Ini adalah rute dengan menggunakan bis umum dari Bogor. Dari Pelabuhan Ratu, Anda dapat menaiki bis lain menuju ke terminal Bayah. Sesampainya di Bayah, akan ada jeep yang dapat membawa Anda ke Sawarna melalui jalan yang agak kasar. Setidaknya Anda harus sudah sampai di sini pada siang hari, karena jeep hanya beroperasi hingga jam 5 sore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here