Curug Malela, Pesona Niagara Mini yang Tersembunyi di Bandung

2
115
views

Loserwild.com – Satu lagi tempat wisata di Bandung yang mungkin sebagian besar kamu belum mengetahuinya atau bahkan ini pertama kalinya kamu mendengar nama Curug Malela. Layaknya surga tersembunyi yang dijaga sedemikian rupa, ia muncul tepatnya di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Di tengah-tengah lebatnya hutan dan pegunungan dengan medan yang cukup terjal dan menantang, kamu harus memastikan diri dalam keadaan fit saat mengunjungi air terjun ini. Butuh tenaga ekstra untuk kamu bisa menapakkan kaki di Niagara kecil ini. Kurang lebih 3 jam perjalanan dari pusat kota Bandung ditambah berjalan kaki menuju lokasi sejauh 10 Km dengan menjelajahi perbukitan. Meski berat dan perjalanan ini terasa sangat menyedihkan, namun rasa lelah dan keringatmu akan terbayar lunas saat kamu mengedarkan pandangan, menikmati kado spesial dari jerih payahmu.

aliran-malela-2

 

Tempat wisata di Bandung ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar mencapai 70 meter. Diiringi dengan 5 buah jalur air terjun, Curug Malela hadir menawan hati dan tak ingin mengecewakan para pengunjungnya. Niagara mini ini tampak begitu sederhana dengan seluruh kemewahan alam yang dimilikinya. Terlebih lagi jika kamu datang saat debit air sedang banyak, Curug Malela akan tampil dengan sangat deras dan indah yang akan membuat kamu enggan berhenti mengagumi keajaiban alam di sini.

jalan-menuju-curug-malela

 

Satu hal yang masih disayangkan dari tempat wisata di Bandung ini adalah akses jalan yang  cukup sulit. Kamu harus sangat berhati-hati dan waspada saat melewati jalan berbatu dan perbukitan untuk menuju ke TKP. Namun apalah arti semua kesulitan itu jika ada seseorang yang istimewa, yang mungkin menemani sepanjang jalan kenangan kamu ini.

menuju-malela-2

 

Air terjun ini memiliki 7 rangkaian dengan urutan tertinggi yaitu Curug Malela, yang kemudian disusul oleh Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pamengpeuk.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Curug Malela, kamu dapat melalui rute di bawah ini sesuai dengan jenis kendaraan kamu nanti.

  1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Rutenya adalah melewati Cimahi – Batujajar – Cihampelas – Cililin – Sindang Kerta – Gunung Halu – Buni Jaya – Curug Malela

  1. Menggunakan Kendaraan Umum

Dari terminal Leuwipanjang, kamu bisa naik angkot dengan jurusan Cimahi / Cililin. Sesampainya di Cililin, turunlah jangan anteng-anteng aja kaya naik odong-odong lalu lanjutkan perjalanan kamu dengan bus jurusan Gunung Halu / Buni Jaya.

Sampai di Terminal Buni jaya, lanjutkan perjalanan dengan ojek untuk menuju desa Cicadas. Setelah sampai di Cicadas, tetaplah semangat dan optimis karena perjalanan kamu akan diteruskan dengan berjalan kaki menuju Curug Malela.

Kamu tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan di sini karena tempat wisata ini memiliki fasilitas berupa parkiran yang luas. Tersedia pula warung kecil untuk kamu yang ingin mengganjal perut. Saung sebagai tempat peristirahatan juga diadakan di beberapa titik untuk melepas lelah sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

2 COMMENTS

  1. saya orang bandung juga baru tahu ada curug malela kalau dilihat sangat segar dan pemandangan hijau yang jarang kita lihat di kota-kota besar layak di coba nih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here