Cimol Jajanan khas Bandung yang Sederhana Namun Istimewa

0
288
views

Loserwild.com – Bicara tentang makanan khas Bandung tidak akan pernah ada habisnya. Terutama jajanannya yang selalu fenomenal dengan resep yang selalu turun temurun yang diwariskan kepada generasi berikutnya dengan tujuan menjadikan resep tersebut sebagai warisan kuliner Indonesia yang akan selalu diakui keberadaannya sampai kapanpun. Jajanan khas Bandung sangat beraneka ragam, seperti colenak, batagor, keripik singkong, awug, cireng dan berbagai jenis jajanan lainnya. Namun terdapat satu lagi jajanan khas Bandung yang telah terkenal di seluruh Indonesia, yaitu Cimol. Cimol merupakan sebuah makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji lalu dibentuk bulat dan digoreng hingga matang serta diberi bumbu pelengkap yang umumnya menggunakan cabe bubuk. Cimol merupakan singkatan kata dari Aci Digemol yang berarti tepung kanji yang berbentuk bulat. Cimol menjadi jajanan paling favorit yang biasa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa. Cimol biasa dijual oleh penjual pinggir jalan, terutama di daerah Buah Batu Bandung, disana terdapat banyak sekali penjual-penjual Cimol.

Salah satu penjual Cimol di Buah Batu yang cukup terkenal adalah Cimol buatan Hakim, Cimol buatan Hakim selalu laris setiap hari, pembelinya mulai dari kelas bawah sampai kelas atas, dan untuk pembeli kelas atas yang memesan Cimol buatan Hakim dengan menggunakan mobil, Hakim menyediakan jalur khusus untuk mobil. Dengan bermodalkan Rp. 500.000,-, Hakim membuka usaha Cimol ini beberapa tahun lalu, dan konon Hakim-lah yang menjadi penjual pertama di daerah Buah Batu ini. Saat ini Hakim telah memiliki dua orang karyawan untuk membantu dia melayani pembeli, karena Hakim tidak sanggup melayani pembeli sendirian karena pembeli setiap hari selalu antri untuk membeli Cimol buatan Hakim, terutama pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Hakim menyediakan beberapa rasa untuk Cimolnya, seperti rasa keju, balado, bumbu kacang kering, keju pedas, keju manis dan rasa kombinasi pedas. Beberapa pembeli ada yang membeli Cimol buatan Hakin secara mentah untuk di olah sendiri dirumah, bahkan ada pelanggan setianya yang tinggal di Amerika selalu memesan Cimol buatannya untuk dibawa ke Amerika. Untuk harga yang ditawarkan Hakim juga sangat terjangkau, hanya Rp. 1.000,- per tusuk. Saat ini Hakim juga menerima pesanan Cimol untuk arisan ataupun acara ulang tahun. Dengan menjual Cimol, Hakim memiliki tujuan untuk melestarikan Cimol agar keberadaannya tetap diakui sebagai makanan khas Bandung dan termasuk dalam makanan asal Indonesia.

Selain di Bandung, Cimol saat ini telah menyebar luas ke seluruh kota di Indonesia, terutama Jakarta, Surabaya, Bogor, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya. Cimol selalu menjadi salah satu jajanan yang fenomenal karena kesederhanaannya namun bercita rasa tinggi dan juga sehat. Cimol cocok dinikmati disaat hangat dengan cuaca dingin untuk menjadi cemilan yang bergizi tinggi.

Sebagai warga negara Indonesia, khususnya warga Jawa Barat. Kita patut bangga akan makanan khas Bandung ini. Karena dengan makanan khas Bandung ini, dapat menambah nilai lebih akan kekayaan wisata dan budaya Indonesia, yang akan lebih menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke Bandung, khususnya bagi pecinta kuliner. Kita juga patut memberi penghargaan terhadap penjual-penjual makanan khas Bandung, terutama penjual Cimol, karena secara tidak langsung mereka telah melestarikan kuliner khas Jawa Barat dan membuat keberadaannya tetap abadi sampai saat ini disaat dunia kuliner sedang berkembang pesat di Indonesia dengan menjamurnya kuliner-kuliner dengan hidangan yang lebih modern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here