Abadikan Pengalaman Berlibur Anda dengan 5 Tips Inovatif Ini

0
24
views

Loserwild.com – Disadari atau tidak, minat berlibur wisatawan domestik beberapa tahun terakhir telah meningkat drastis. Aktivitas yang tadinya hanya pengisi waktu luang dan pelepas penat ini, sekarang menjelma setara kebutuhan primer. Penyebabnya bisa karena beban kerja yang semakin berat atau perkembangan pariwisata yang sangat pesat.

Hampir tidak ada orang yang tidak suka liburan. Selain menyegarkan pikiran, efek berlibur ternyata juga berpengaruh pada kreativitas seseorang. Efek kreatif inilah yang menjadi penghubung antara beratnya beban kerja dan perkembangan pariwisata.

Keterhubungan kedua alasan orang berlibur tersebut telah menciptakan profesi baru, yakni travel blogger. Kehadiran travel blogger terjadi bersamaan dengan berbagai kemajuan teknologi. Salah satunya fitur share dalam media sosial.

Satu dekade lalu informasi wisata mungkin hanya dapat ditemukan dalam majalah atau tabloid saja. Sangat berbeda dengan perkembangan terkini. Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memberi dan menerima pengalaman liburan satu sama lain. Orang jadi termotivasi untuk membuat catatan perjalanan secara kreatif.

Pentingnya Membuat Catatan Perjalanan Kreatif

Berdasarkan catatan perjalanan yang dibuat oleh sejumlah traveller, Anda akan sangat mudah membedakan tipe traveller yang kreatif dan yang apa adanya. Meskipun minoritas, namun traveller yang tidak kreatif ini biasanya berdalih kekurangan waktu untuk menciptakan catatan perjalanan yang menarik.

Selama pengalaman masih menjadi guru yang paling baik, alasan kekurangan waktu jelas tidak bisa diterima. Pembenaran atas ketiadaan waktu sama saja mendukung orang untuk bersikap malas. Mereka bahkan malas untuk, misalnya, mengingat cara memesan dan mendapatkan tiket kereta api.

Memang terkesan sepele. Namun kemalasan yang dibiasakan pada hal-hal sepele justru membahayakan hal-hal yang telah Anda prioritaskan. Artinya, membuat sebuah catatan perjalanan sama sekali bukan hal sepele. Inilah dokumentasi terbaik Anda untuk belajar dari pengalaman-pengalaman selama liburan.

Terlebih kalau Anda termasuk orang yang cepat lupa. Catatan perjalanan akan sangat membantu Anda mengingat banyak hal. Pengalaman liburan pun menjadi utuh karena yang terungkap dalam catatan mencakup proses persiapan berlibur yang detail.

Apabila cara belajar demikian terjadi secara rutin, tentu Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua atau ketiga kalinya. Artinya, catatan perjalanan tidak hanya mengungkap susahnya Anda mendapatkan tiket kereta api. Anda bahkan bisa tergugah untuk kembali berlibur menggunakan kereta api.

Memotivasi Diri Sendiri dan Orang Lain

Membuat catatan perjalanan bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu mengurangi kemalasan dan berusaha lebih rinci dalam menguraikan pengalaman. Misalnya ketika bercerita tentang kejadian unik di dalam kereta api.

Agar para pembaca mendapatkan konteks cerita yang lebih utuh, Anda sebainya menguraikan juga proses mendapatkan tiketnya secara rinci. Anda bisa menyebut proses pemesanan melalui situs online seperti Traveloka.com atau cara-cara pemesanan lain.

Dari penyebutan Traveloka saja catatan perjalanan Anda pasti akan berkembang menjadi cerita yang menarik. Ini akan memudahkan Anda beranjak ke langkah selanjutnya, yakni konsistensi. Sikap konsisten inilah yang akan melengkapi upaya kreatif dalam menyusun cerita perjalanan.

Untuk semakin memotivasi Anda mengabadikan pengalaman liburan dalam catatan perjalanan yang kreatif, simaklah beberapa tips inovatif berikut ini.

 

  1. Memotret Sebanyak-banyaknya

Sebuah perjalanan sudah dimulai sejak Anda tiba di lokasi tujuan wisata. Suasana stasiun, terminal bus, atau bandara tentu tidak Anda dapatkan setiap hari. Inilah penanda Anda harus mempersiapkan kamera untuk memotret beragam objek yang memiliki daya tarik.

Semakin banyak objek yang Anda potret, semakin banyak juga pilihan foto yang bisa Anda rilis dalam catatan perjalanan Anda. Jangan lupa siapkan baterai dan memori cadangan, ya.

2. Siapkan Paket Internet

Smartphone yang merekam momen-momen terbaik Anda selama berlibur, tentu tidak lagi pintar tanpa koneksi internet. Dengan mempersiapkan paket internet sesuai durasi berlibur, kenyamanan Anda berbagi foto di Instagram atau check in di Path, akan lebih terjamin.

Apabila Anda memanfaatkan modem eksternal, pastikan modem tersebut mampu menjangkau akses internet di luar kota.

3. Gunakan Hashtag sebagai Petunjuk

Hal ini sangat penting bagi Anda yang terbiasa mengunggah foto di Instagram. Selain bisa berbagi pengalaman secara langsung melalui fitur Explore, hashtag juga akan menjadi petunjuk ketika Anda akan mulai menyusun catatan perjalanan. Tidak perlu membuat caption yang terlalu dramatis.

Anda cukup menulis hashtag spesifik sesuai informasi tempat wisata yang Anda dapatkan. Misalnya Anda berada di Museum Jenderal Soedirman. Sisipkanlah hashtag #Indonesia1945 untuk mengisyaratkan koleksi di dalam museum.

4. Tentukan Content Angle

Satu langkah sebelum masuk ke tahap penulisan adalah menentukan sudut pandang konten (content angle). Penentuan ini mirip dengan penempatan diri Anda ketika berada di lokasi wisata.

Anda bisa menyampaikan ulang informasi layaknya pemandu wisata. Angle lainnya adalah memosisikan diri sebagai penikmat jenis wisata tertentu atau pembanding dengan tempat wisata lain.

5. Manfaatkan Fitur Video

Ketika semua bahan penulisan sudah dipersiapkan tapi Anda terkendala deadline tugas dari bos, manfaatkan saja fitur video. Sejumlah media sosial populer sudah memfasilitasi fitur ini.

Anda hanya perlu menentukan kesesuaian konten dengan karakter penerimanya di Instagram, Facebook, Path, atau YouTube.

Demikianlah beberapa tips inovatif yang bisa Anda coba untuk mengabadikan pengalaman berlibur. Banyak atau sedikitnya pengalaman Anda akan selalu memberi manfaat dan memotivasi orang lain. Selamat mencoba, ya!

Founder Trenteknologi.com | Techno Geek | Traveller | Musician | Contact Me : bayu@trenteknologi.com |
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here